CREDIT UNION




Credit Union yaitu sekumpulan orang-orang yang saling percaya dan mempunyai suatu kesepakatan  dalam lembaga keuangan yang bergerak dalam kegiatan simpan pimjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan dimaksudkan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri. Credit Union (CU) sering juga disebut  koperasi kredit. Jadi, dalam credit union anggota-anggota koperasi dibentuk dari orang yang saling percaya dalam kegiatan simpan pinjam yang dikelola oleh anggotanya sendiri, dan kembali lagi untuk mensejahterahkan anggotanya seperti halnya tugas koperasi.
Koperasi kredit memiliki tiga prinsip utama yaitu:
  1. Asas Swadaya, yaitu tabungan hanya diperoleh dari anggotanya
  2. Asas Setia Kawan, yaitu pinjaman hanya diberikan kepada anggotanya
  3. Asas Pendidikan dan Penyadaran, bertugas membangun watak yaitu hanya yang berwatak baik yang diberikan pinjaman
Kondisi ekonomi masyarakat saat ini solusi paling riil adalah Credit Union, ada 3 dari beberapa cakupan credit union akan saya jelaskan, antara lain:
1.      Menabung
Konsep umum tentang tabungan di seluruh dunia adalah :
                        Tabungan = Penghasilan – Kebutuhan.
Dalam kegiatan motivasi menurut pandangan credit union:
  • Masa depan akan berubah apabila kita mulai merubahnya mulai hari ini, bukan besok.
  • Untuk mencapai sebuah kondisi (sejahtera) diperlukan konsep (peta jalan) yang jelas, riil dan mampu dibuat oleh siapapun, prospek tabungan (pensiun).
  • Perlu perubahan pandangan terhadap : penghasilan, tabungan dan kebutuhan dengan merubah konsep bahwa tabungan dijadikan kebutuhan utama bila ingin sejahtera, tabungan identik dengan masa depan.
  • Fakta membuktikan bahwa ternyata tidak ada hubungan antara penghasilan (gaji) dengan besarnya tabungan.
  • Pada dasarnya pekerjaan riil yang pasti mampu dibuat oleh siapa pun dengan mengabaikan dulu besar kecilnya tabungan, adalah menabung.
2.      Credit union digunakan sebagai sarana simpan pinjam
3.      Menabung Tanpa Membawa Uang
Di dalam credit union bahwa sangat sulit untuk tidak punya uang, tidak mampu menabung, namun untuk membayar hutang berapapun besarnya selalu mampu. Kita tak dapat menabung secara teratur, namun mampu memiliki tabungan seperti halnya memiliki barang. Anggota mampu memiliki berapa saja yang diinginkan. Ada anggota yang mampu memiliki tabungan ratusan juta dalam kurun waktu dua tahun melalui cara ini.

Sejarah Credit Union 
Credit Union muncul pada abad ke-19 di Jerman. Pada saat itu terjadi badai salju. Akibatnya terjadi lrisis ekonomi pada saat itu. Situasi ini di manfaatkan oleh kslangan atas untuk meminjamkan pada orang-orang yang membutuhkan. Orang-oranf kaya tersebut memberikan bunga yang tinggi. Maka banyak orang yang terjerat dan tidak mampu melunasi hutang tersebut. Akibatnya harta benda mereka pun disita untuk melinasi hutang-hutangnya pada orang-orang kaya. Tidak lama berselang terjadi revolusi industri. Revolusi industri yaitu tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin. Maka ada saat itu terjadi phk besar-besaran.Melihat kondisi ini,  wali kota Flammersfield, Friedrich Wilhelm Raiffisen merasa prihatin dan ingin menolong kaum miskin. Ia mengundang orang-orang kaya untuk menggalang bantuan. Ia berhasil mengumpulkan uang dan roti, kemudian dibagikan kepada kaum miskin. Namun, cara itu kurang berhasil. Berbagai cara sudah dilakukan Raiffisen untuk memberantas kemiskinan. Akhirnya, Raiffeisen berkesimpulan: “kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri. Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan pinjaman adalah watak si peminjam.”Untuk mewujudkan impian tersebutlah Raiffeisen bersama kaum buruh dan petani miskin akhirnya membentuk koperasi bernama Credit Union (CU) artinya, kumpulan orang-orang yang saling percaya. Credit Union yang dibangun oleh Raiffeisen, petani miskin dan kaum buruh berkembang pesat di Jerman, bahkan kini telah menyebar keseluruh dunia.
Kesimpulannya adalah bahwa Credit Union adalah sebagai sarana simpan pinjam yang tepat apabila mendadak tidak punya uang, dimana pinjaman tersebut dapat menghasilkan penghasilan dan didalamnya adalah kumpulan orang-orang yang saling dipercaya untuk mengelola credit union tersebut, kita dapat menabung, meminjam bila tidak punya uang, dan menabung tanpa membawa uang. Tetapi, istilah credit union masih belum terdengar luas oleh masyarakat, tidak ada salahnya bagi yang sudah tahu untuk mempelajarinya lebih spesifik lagi bahwa apakah credit union itu.

Sumber :








Komentar

Postingan Populer